Analisis Metode UTA Dalam Sistem Pengambilan Keputusan Untuk Deteksi Gangguan Mata Pada Mahasiswa Universitas Mulia

Authors

  • Muhammad Rofi Zuhair Universitas Mulia Balikpapan Author
  • Djawara Ahmad Universitas Mulia Balikpapan Author
  • Yustian Servanda Universitas Mulia Balikpapan Author

DOI:

https://doi.org/10.46510/ilkomedia.v2i1.47

Keywords:

Penggunaan Gadget, Kesehatan Mata, Mahasiswa, UTA

Abstract

Kemajuan teknologi di era Industri 4.0 menjadikan gadget sebagai elemen penting dalam kehidupan akademik mahasiswa. Perangkat seperti handphone, tablet, dan laptop kini menjadi sarana utama dalam kegiatan belajar, diskusi, dan penyelesaian tugas. Meski bermanfaat, penggunaan gadget secara berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif, khususnya pada kesehatan mata. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan gadget terhadap kondisi mata mahasiswa Universitas Mulia. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode UTA, serta pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami keluhan seperti mata lelah, perih, hingga pandangan kabur, terutama saat penggunaan melebihi lima jam per hari. Selain itu, tingginya durasi penggunaan juga berkaitan dengan penurunan konsentrasi dan gangguan tidur. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget yang berlebihan berdampak negatif pada kesehatan mata dan fokus belajar. Oleh sebab itu, diperlukan kesadaran mahasiswa dalam mengatur waktu penggunaan gadget, serta dukungan dari pihak kampus melalui kebijakan yang mengatur pemanfaatan perangkat digital dalam aktivitas akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Analisis Metode UTA Dalam Sistem Pengambilan Keputusan Untuk Deteksi Gangguan Mata Pada Mahasiswa Universitas Mulia. (2025). Jurnal Ilmu Komputer Dan Multimedia, 2(1), 26-31. https://doi.org/10.46510/ilkomedia.v2i1.47

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.