Implementasi Live Recording Motion Tracking pada Pergerakan Karakter Animasi 2D

Authors

  • Dhimas Satria Universitas Amikom Yogyakarta Author
  • Rifai Ahmad Musthofa Universitas Amikom Yogyakarta Author
  • Muhammad Haitami Anwari Universitas Amikom Yogyakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.46510/ilkomedia.v1i2.23

Keywords:

Motion Tracking, 2D Animation, Character, Live2D, Cut Out

Abstract

Animasi 2D saat ini masih diminati dan diproduksi oleh berbagai negara. Banyak teknik - teknik yang dikembangkan pada animasi 2D seperti teknik yang umum yaitu  frame by frame dan cut out yang memiliki keunggulan dan kekurangan masing masing. Seiring berkembangnya teknologi beberapa teknik baru mulai dikembangkan, salah satunya adalah teknik motion tracking. Motion tracking adalah sebuah cara untuk merekam pergerakan suatu objek tertentu dalam scene dengan menggunakan kamera. Proses perekaman gerakan tersebut meliputi sumbu X dan Y pada objek 2 Dimensi, serta sumbu X, Y, dan Z pada objek 3 Dimensi. Dalam penelitian ini akan dilakukan pemodelan karakter animasi 2D yang akan digerakan menggunakan perekaman kamera dan nantinya akan direkam menggunakan aplikasi Live2D dengan menerapkan teknik motion tracking sehingga akan didapatkan kemudahan dan keunggulan dalam penggunaan teknik tersebut khususnya pada gerakan-gerakan yang dapat dijangkau pada animasi 2D.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Implementasi Live Recording Motion Tracking pada Pergerakan Karakter Animasi 2D. (2024). Jurnal Ilmu Komputer Dan Multimedia, 1(2), 20-24. https://doi.org/10.46510/ilkomedia.v1i2.23