Efisiensi Game Edukasi Thermoquest Pada Materi Suhu Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.46510/ilkomedia.v1i2.24Keywords:
Game Edukasi, Aplikasi Mobile, EfisiensiAbstract
Pendidikan di era 4.0 berfokus pada keterampilan, kemampuan berpikir kritis, keterampilan pengambilan keputusan, dan kebutuhan untuk membekali peserta didik dengan keterampilan untuk mencari, meringkas, mengomunikasikan, dan menggunakan informasi dan teknologi secara efektif. sehingga diperlukan sebuah media pembelajaran yang memiliki performa yang optimal baik digunakan pada android maupun desktop. Sebuah penelitian telah dilakukan untuk mengembangkan permainan edukatif yang disebut "Thermoquest” pada materi suhu. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan aplikasi serta eksperimen. Dengan menunjukan hasil uji coba menggunakan laboratorium, hasil pengujian dan evaluasi yang dilakukan terhadap aplikasi thermoquest, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini memiliki hasil uji coba yang dilakkukan menggunakan alat PageSpeed Insight menunjukkan bahwa aplikasi bekerja lebih optimal pada perangkat desktop 91. 75% dibandingkan pada perangkat mobile 87.5%.